Skip to content

Profesional Soccer

November 18, 2010

cesc

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar sangat menggemari dunia olahraga terutama sepakbola. Dewasa  ini banyak dana digelontorkan untuk bidang sepakbola berbeda dengan olahraga lainnya. Akan tetapi menilik dari prestasi di kancah internasional tidak membanggakan. Untuk itu diperlukan sikap untuk perbaikan secara terus-menerus dan berkesinambungan atau semangat “kaizen” dan mengedepankan proses ketimbang hanya melihat suatu kegagalan dari sisi hasilnya saja. Apabila suatu individu atau organisasi bertindak sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati, sedangkan tindakan itu salah maupun tidak tepat, maka tindakan tersebut lebih baik daripada tidak bertindak sama sekali. Kekurangan yang ada dapat menjadi titik tolak melakukan langkah-langkah perbaikan.

Menilik dari sejarah bangsa indonesia, paham imperialisme yang lebih menitikberatkan pada hasil baik didapat secara prosedural maupun bukan, halal atau haram sama saja, telah berkembang di masyarakat. Sehingga sering terjadi saling menyalahkan, menggunjing, permusuhan, di antara satu individu dengan lainnya dalam organisasi, institusi ataupun berbangsa bernegara. Bagaimana akan bersaing antar organisasi, institusi ataupun berbangsa bernegara, jika secara internal saja terjadi konflik berkepanjangan, tidak bersatu padu dalam visi maupun misi yang telah disepakati. Untuk itu mulai dari sekarang sikap-sikap buruk tersebut mulai segera dihilangkan!

Pada tulisan kali ini sudah update yang ke sebelas, ini yang terakhir, dan saya tidak akan membahas lebih detil lagi, saya ketengahkan metode pelatihan para pemain sepakbola dan hal teknis yang harus dilakukan dalam latihan. Mungkin tutorial ini sudah cukup untuk menggambarkan tutorial latihan sepakbola yang bermutu. Saya persembahkan bagi hobiis sepakbola.
Keseragamam pelatihan akan berdampak pada keseragaman kemampuan, terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik antar pemain. Dimana para pemain memiliki pengetahuan akan kemampuan diri dan kawan, mengetahui cara memberi dan menerima bola dari dan kepada kawan dengan baik, sehingga maksud dan tujuan tercapai.

Permainan yang bermutu oleh para pemain bola dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, bagi saya maupun orang lain menjadikan tontonan yang menghibur. Hal di atas yang mendasari saya untuk menulis tutorial ini, supaya saat melihat suatu pertandingan khususnya di Indonesia nuansa persaingan yang penuh sportifitas muncul, sehingga semua orang tidak jemu, tidak ingin cepat-cepat beranjak dari bangku stadion, menyaksikan pertandingan dengan seksama dan penuh antusiasme.

Pada tutorial ini, menghindari latihan tanpa tujuan yang jelas. Sering saya melihat pola latihan yang tidak perlu sebagai contoh free style, bagi pemain bola saya rasa tidak begitu penting, karena pemain sepakbola bukanlah free styler, namun passing, shoting, dribbling itulah yang terpenting. Pada tutorial ini juga menghindari latihan yang kurang memberikan kualitas baik fisik, skill, maupun style permainan.

Saya bukanlah ahli dalam sepakbola, namun setidaknya tutorial ini dapat membantu proses latihan para pecinta dan pemain sepakbola. Saya menyukai sepakbola karena sepakbola itu sebuah karya seni dan bola adalah teman bermain.
Tutorial ini dapat anda unduh diblog saya https://andrtux.wordpress.com dengan lisensi copyright, namun anda boleh menyebarkannya akan tetapi dengan batasan hak semisal tidak boleh mengakui, menerbitkan, sebagai hasil karya personal anda. Diperbolehkan untuk mengembangkan tutorial ini karena pada dasarnya strategi permainan tiap team berbeda.
Pada tutorial ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan. Saya persilahkan kirim kritik dan saran anda ke andrtux@gmail.com atau komentar ke blog saya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Download tutorial

From → Soccer

2 Komentar
  1. andrtux permalink

    Setelah menyelesaikan blog ini aku punya usul ke pemerintah agar supaya klub sepakbola tidak dibiayai dana APBD, mohon maaf terkesan mencampuri urusan orang lain. karena sebagai fans timnas begitu geram permainan tidak punya karakter.
    kemudian Pemerintah bergerak ke Bandung, klub Persib Bandung bisa dibiayai tidak dengan dana APBD, klub tersebut betul-betul profesional sehingga dijadikan contoh nyata keberadaan klub profesional di Indonesia.
    Awalnya klub-klub di Indonesia amat terpukul dengan tidak didanainya klub dari APBD. Tetapi pada akhirnya mereka mendapatkan sponsor. Setelah saya lihat ternyata gaya permainan berkembang pesat dan tambah maju, mereka berani unjuk kebolehan di level internasional.
    Dunia internasional menyambut hangat dengan keputusan pemerintah untuk tidak mendanai klub dari APBD.
    Selamat sepakbola Indonesia Kian hari kian maju dan berkembang.

    Suka

    • andrtux permalink

      Adanya langkah Pemerintah daerah membeli sejumlah saham klub sepakbola dengan dana APBD akan bedampak nyata pada pembinaan dan prestasi klub sepakbola, jika merugi maka jelas langkah Pemda tersebut membeli saham klub merupakan langkah gagal dalam menambah income daerah, akan tetapi jika sukses income APBD juga akan bertambah. Selamat berjuang klub sepakbola yang dibeli sahamnya oleh Pemda setempat.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: