Skip to content

Bagaimana Menjadi Atlet Profesional

Januari 16, 2010

Karena saya bukan atlet pro dan hanya sebagai atlet untuk diri saya sendiri maka saya tidak perlu untuk memikirkan hal-hal dibawah ini, tetapi bagi Anda sebagai atlet olahraga mungkin perlu mempertimbangkan tips-tricks berikut ini untuk menjadi atlet pro:

1. Mengerti aturan main yang diberlakukan dalam suatu permainan.
2. Latihan disesuaikan dengan jenis aturan yang diberlakukan. Misalnya seorang lifter harus mengangkat beban barbel maka latihan harus difokuskan untuk membentuk kekuatan tubuh. Latihan jangan mem-forsir tubuh sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan. Latihan bersifat sederhana, kontinyu dan berkesinambungan.
3. Gizi yang dikhususkan sesuai dengan jenis permainan. maksudnya Apa saja macam dan jenis gizi yang diperlukan? Gizi diperlukan untuk apa misal pembentukan postur tubuh ideal, kecerdasan, maupun lainnya?
4. Pola makan-minum, maksudnya berapa kali seorang pemain makan-minum? waktunya makan-minum? Berapa rentang waktu makan-minum sebelum, saat dan sesudah pertandingan ataupun latihan? Apa saja makanan yang diperlukan maupun dihindari?
5. Pengaturan jadual latihan dan pertandingan.
6. Kontrol emosi yang baik, menjaga sportivitas, spirit, kreatifitas, inisiatif, intuitif, teamwork (lebih dari satu orang pemain).
7. Lingkungan, iklim, nuansa, suasana, dan aroma persaingan yang tinggi antar pemain atau team dalam bentuk venue, laga yang terkoordinasi dengan baik oleh lembaga yang dipercaya, kompeten disesuaikan dengan umur. Penegakan peraturan secara tegas bagi pelanggar.
8. Jikapun ada pemain dapat belajar dari simulasi permainan sebagai contoh game sepakbola, snowboard, motogp, formula1 dll yang mendekati permainan aslinya.

From → Olahraga

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: